•  
Alamat Redaksi : Jl. Kelapa 7 Bandar Jaya Barat - Lampung Tengah, Telp. (HP) 082377881555 / 08996799444, Email redaksi@antariksanews.com.
Selasa, 08 Agustus 2017 - 12:07:43 WIB

Khasiat Istimewa Zat Inulin dalam Buah Bengkuang


Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 62 kali

KESEHATAN, ANTARIKSANEWS.COM--- Sekilas, warna bengkuang tampak tidak begitu menarik, ia memiliki kulit tipis yang dapat dikupas, tanpa harus menggunakan alat-alat yang tajam seperti pisau. Daging buahnya berwarna putih merata. Buah ini sangat cocok untuk did buat rujak. Selain itu, bengkuang juga sering dijadikan masker guna menyegarkan sekaligus memutihkan wajah. Tumbuhan yang berasala dari daerah tropis di benua Amerika ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae.

 

Kandungan dan Senyawa Kimia Bengkuang mengandung gula, fosfor, pati, dan kalsium. Buah ini juga memiliki efek pendingin, akrena mengandung kadar air sebanyak 86-90%. Rasa manisnya berasal dari oligosakarida yang disebut inulin. Inulin telah digunakan sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan pada es krim, produk susu,d an roti. Komponen ini tidak dapat dicerna enzim dalam usus manusia, sehingga hanya melewati mulut dan usus tanpa diproses dalam metabolism tubuh. Dalam usus besar, barulah inulin mengalami proses fermentasi oleh mikroflora usus menjadi asam lemak dan laktat, dengan hasil samping berupa biomassa bakteri dan gas.

Khasiat dan Manfaat
Karena sifatnya yang tidak tercerna ini, inulin sangat baik untuk penderita diabetes. Di samping itu, inulin juga mempengaruhi fungsi usus dengan meningkatkan massa feses dan frekuensi defekasi, khususnya untuk penderita konstipasi. Inulin juga berperan dalam perbaikan parameter lemak dalam darah, dengan menurunkan kadar serum trigliserida dan kolesterol pada penderita hypercholesterolemia.

 

 Selain memiliki kandungan zat inulin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan usus kita, bengkuang bisa di oleh menjadi aplikasi masker yang mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Nah, berikut ini cara mengolah bengkuang untuk menjadi masker wajah:

1.    Parutlah buah bengkuang hingga benar-benar halus.
2.    Gunakan parutan bengkuang tersebut dan balurkan ke bagian wajah yang bernoda atau bisa juga dijadikan bahan campuran pada scrub.
3.    Usapkanlah secara perlahan dan diamkan selama 30 menit.
4.    Bilas hingga bersih.



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)